Tuesday, March 19, 2013

MENANAMKAN KESADARAN

Posted by Unknown Posted on 6:25 PM with 1 comment
           Manusia hidup  di dalam suatu tempat yang melingkupinya (lingkungan). Karena itu, manusia akan selalu bersentuhan dengannya. Dan dalam prosesnya  akan terjadi hubungan timbal balik. Jika manusia berbuat baik kepada alam maka alam akan memberikan kebaikan pula kepada manusia dan sebaliknya.
            Gunung muria yang dapat di sebut sebagai paru-paru kota kudus , mempunyai peran penting dengan masyarakat yang tinggal di sekitarnya . yaitu sebagai tempat penyuplai udara yang berkualitas di kota ini dengan hutan yang ada . namun, perlu diketahui  peran penting tersebut tidak akan berjalan dengan baik tanpa peran manusia yang ada di sekitarnya.
           Peran apa yang dapat dilakukan manusia? Salah satunya adalah: menanam pohon serta merawatnya . karena menanam tanpa merawat tidak akan membuahkan hasil yang maksimal.
        Namun, yang lebih penting adalah: menanam kesadaran dalam diri untuk tidak merusak lingkungan. Dengan begitu, semakin banyak orang yang sadar dengan pentingnya lingkungan hidupnya tentu akan berdampak besar terhadap terjaganya lingkungan hidup.
         Akan tetapi, untuk menanamkan kesadaran bukanlah hal yang mudah tetapi bukan tidak mungkin untuk dilakukan, terutama kepada orang yang sudah terbentuk sikap acuh tak acuh kepada lingkungannya. Untuk itu, dalam menanam kesadaran pentingnya lingkungan bagi kehidupan harus dilakukan sejak dini sehingga hasilnya akan lebih maksimal. 
Karena, dengan menanamkan pemahaman mengenai nilai-nilai yang baik sejak dini akan membuahkan output yang lebih kuat dibandingkan dengan menanamkan pemahaman kepada orang yang sudah dewasa. Hal itu disebabkan ketika seorang anak diberi sebuah pemahaman (fahm) anak dan disampaikan secara terus menerus akan membawanya pada tingkat perilaku yang terstruktur maksudnya yaitu anak akan mengambil pemahaman yang diterimanya sebagai perilaku sehari-hari dan tidak mudah untuk hilang. Berbeda dengan orang yang sudah dewasa ketika ia diberi suatu pemahaman tentang pentingnya lingkungan dalam hal ini sedang orang tersebut sudah terbentuk karakter yang bertentangan dengan pemahaman yang baru diterimanya maka akan terjadi penolakan minimal pengingkaran dari yang disampaikan padanya.
Adapun yang menjadikan orang dewasa sulit menerima pemahaman tentang pentingnya lingkungan hidup (LH) bagi dirinya dan orang lain, hal itu tak lain karena mereka sudah terbentuk karakternya. Akan tetapi, bukan berarti tidak ada peluang bagi orang dewasa untuk dapat menerima pemahaman tentang pentingnya lingkungan hidup. Lagi-lagi hal ini disebabkan oleh kemampuan orang dalam mencerna suatu informasi yang diterimanya.
Ketika kita analisis lebih jauh, maka kita akan menemukan sebuah perbedaan (difference) antara anak yang mudah menerima informasi dan langsung diserap dengan orang dewasa yang agak sulit menerima informasi yang baru diterimanya.
Dalam teori Tabula rasa kita temukan bahwa manusia ketika baru lahir seperti kertas putih yang kosong, dia akan menerima apa yang dituliskan dan diwarnakan padanya dan ini dapat kita ibaratkan sebagai anak kecil, ketika dia mendapatkan informasi dia akan menerimanya tanpa mengolah terlebih dahulu, dalam kasus ini mengenai penanaman kesadaran pentingnya lingkungan hidup. Sedangkan, pada orang dewasa kasusnya berbeda karena ia sudah mempunyai tulisan dan warna yang sudah diterimanya sehingga ketika informasi tentang pentingnya lingkungan hidup ini adalah perkara yang baru ia dapat ia akan memprosesnya terlebih dahulu. Sehingga menimbulkan dua kemungkinan dia menerima atau dia menolaknya.
Jadi menanamkan kesadaran atau nilai-nilai yang penting itu sebaiknya dilakukan semenjak dini sehingga hasilnya akan lebih baik. Meskipun tidak menutup kemungkinan pada orang dewasa pun akan berhasil. 

1 comment:

  1. ya bagus boss,, boleh ya q copy buat refrensi aku, dan seemoga bermanfaat untuk aku dan untuk penulis, dan semua para pembaca, tanks for article. it's very good.

    ReplyDelete

Sponsors : Hangup Circle | Customize Blogger Template | Best Blogger Themes
Copyright © 2013. dunia artikel - All Rights Reserved
Template Design by Razor Madush | Published by New Blog Themes
Powered by Blogger
New Blogger Themes New Blogger Themes